1. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari kebahasaan soal adalah ....
A. Panjang pilihan jawaban relatif sama
B. Soal menggunakan kalimat yang komunikatif
C. Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas
D. Pilihan jawaban homogen dan logis.
E. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban
2. Perhatikan tabel berikut!
1) Observasi
2) Tertulis
3) Penilaian diri
4) Praktik
5) Proyek
6) Produk
7) Lisan
8) Portofolio
9) Penugasan
10) Penilaian antar teman
Teknik penilaian keterampilan yang sesuai dengan tabel tersebut ditunjukkan pada nomor ….
A. 1, 2. 3, dan 4
B. 1, 3, 6, dan 10
C. 2, 4, 5, dan 8
D. 4, 6, 8, dan 10
E. 4, 5, 6, dan 8
3. Berikut adalah langkah-langkah penyusunan soal-soal HOTS, yang benar adalah ….
A. Stimulus yang digunakan hendaknya kontekstual dan panjang, artinya mendorong peserta didik untuk membaca stimulus
B. Stimulus untuk soal tersebut termasuk level kognitif 2 (mengaplikasi-C3) karena siswa harus gambar dari beberapa konsep.
C. Stimulus yang digunakan hendaknya panjang dan menarik, artinya mendorong peserta didik untuk membaca stimulus.
D. Stimulus yang digunakan hendaknya menarik dan kontekstual, artinya mendorong peserta didik untuk membaca stimulus
E. Stimulus yang digunakan hendaknya rutin dan kontekstual, artinya sudah sering digunakan peserta didik sesuai konteknya.
4. Berdasarkan tabel, pasangan yang benar adalah………
Pembelajaran/penilaian Dimensi Progres Kognitif
A. 1-D, 1-E, 1-F, 2-C, 2-B, dan 3-A
B. 1-A, 1-B, 1-C, 2-D, 3-E, dan 3-A
C. 1-D, 1-E, 1-F, 2-A, 2-B, dan 3-C
D. 1-A, 1-B, 1-C, 2-D, 3-E, dan 3-F
E. 1-D, 1-E, 1-F, 2-A, 2-C, dan 3-B
5. Berdasarkan tabel tersebut, nilai akhir untuk KD 4.3 dan 4.6 adalah ...
A. 90 dan 90
B. 95 dan 85
C. 85 dan 80
D. 90 dan 85
E. 85 dan 90
6. Perhatikan rumusan Indikator Soal berikut: “Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Isra’/17: 32 dengan benar; dan “Mengartikan kalimat-kalimat dalam Q.S. an-Nur/24:2 dengan benar”, Berdasarkan rumusan tersebut, Teknik penilaian yang tepat adalah ....
a. Praktik dan tulis
b. Tes tulis dan lisan
c. Praktik dan proyek
d. Produk dan penugasan
e. Penugasan dan produk
7. Berikut yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan penilaian hasil belajar adalah urgensi yang berarti....
a. batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
b. materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
c. materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
d. materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
e. materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain
8. Implikasi dari ketuntasan belajar untuk Kompetensi Dasar pada KI-3 dan KI-4 jika peserta didik yang memperoleh nilai sama dengan atau lebih dari nilai kriteria ketuntasan minimal adalah ....
a. diberikan tugas individual sesuai dengan kebutuhan pembelajaran
b. diberikan pembelajaran remedial individual sesuai dengan kebutuhan
c. diberikan pembelajaran pengayaan individual sesuai dengan kebutuhan
d. diberikan kesempatan untuk melanjutkan pelajarannya ke KD berikutnya
e. diberikan tambahan jam belajar individual sesuai dengan kebutuhan
9. Salah satu penentuan materi penting dilakukan dengan memperhatikan kriteria dalam penulisan soal adalah relevansi, yaitu ....
a. materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari materi yang sudah dipelajari sebelumnya
b. materi yang dipilih dapat dibuatkan soalnya
c. materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami mata pelajaran lain
d. materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik
e. materi yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari‐hari
10. Asesmen literasi membaca tingkat SD dilaksanakan dalam….
a. 3 level pembelajaran
b. 4 level pembelajaran
c. 2 level pembelajaran
d. 5 level pembelajaran
e. 1 level pembelajaran
11. Lamanya waktu yang digunakan peserta didik/murid untuk literasi dan numerasi pada saat AKM untuk kelas VIII SMP adalah ...
a. 75 menit
b. 85 menit
c. 60 menit
d. 65 menit
e. 90 menit
12. Perhatikan pernyataan berikut!
1) karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi);
2) kondisi satuan pendidikan (daya dukung);
3) jumlah KD setiap mata pelajaran;
4) karakteristik peserta didik (intake);
5) ditetapkan pada awal tahun pelajaran;
Pernyataan tersebut yang merupakan aspek Kriteria Ketuntasan Minimal ditunjukkan pada nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (2), dan (5)
d. (2), (3), dan (4)
e. (2), (4), dan (5)
13. Level siswa yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan AKM adalah ....
a. Kelas IV, VIII, dan XI
b. Kelas VI, IX, dan XII
c. Kelas V, VII, dan XI
d. Kelas IV, VII, dan XI
e. Kelas V, VIII, dan XI
14. Guru Dr. Ubay memberikan soal teks bacaan sederhana tentang Perang Khandak pada siswanya dengan menggunakan pertanyaan siapa, mengapa, dan dimana. Kompetensi apakah yang akan diukur oleh Guru Dr. Ubay?
a. Menemukan informasi tersurat
b. Kelas VI, IX, dan XII
c. Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks
d. Membandingkan hal-hal utama dalam teks
e. Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks
15. Korelasi dimensi proses kognitif C5 dan dimensi pengetahuan prosedural tercermin dalam rumusan Indikator Pencapaian Kompetensi di bawah ini, yaitu ....
a. menyimpulkan tatacara mengkafani jenazah laki-laki dan perempuan
b. merumuskan strategi dakwah Islam di dunia
c. membandingkan tata cara mengkafani jenazah lai-laki dan perempuan
d. menganalisis isi kandungan Q.S. Lukman ayat 13-14
e. mengklasifikasi rukun dan wajib haji
16. Dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), konten dalam literasi membaca mencakup ….
a. teks prosedur dan teks prosedur kompleks
b. teks informasi dan deskripsi
c. teks observasi dan teks deskripsi
d. teks wacana dan teks argumentasi
e. teks informasi dan teks fiksi
17. Perhatikan komponen berikut!
(1) Konten
(2) Proses kognitif
(3) Proses non kognitif
(4) Konteks
Manakah yang mencakup tiga komponen penilaian asesmen literasi membaca?
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (3), dan (4)
c. (1), (2), dan (4)
d. (1), (3), dan (4)
e. (2), (3), dan (4)
18. Komponen proses kognitif dalam literasi membaca pada kegiatan AKM mencakup ....
a. evaluasi dan refleksi informasi, aplikasi, dan penalaran
b. pemahaman, aplikasi, dan penalaran
c. Iinterpretasi dan integrasi informasi, aplikasi, dan penalaran
d. menemukan informasi, evaluasi dan refleksi informasi, dan penalaran
e. menemukan, interpretasi dan integrasi, evaluasi dan refleksi informasi
19. Manakah dalam pernyataan berikut yang merupakan kelebihan dari Asesmen Kompetensi Minimum dibandingkan dengan soal Ujian Nasional?
a. Kemampuan kognitif menjadi hal utama sehingga lebih menekankan pada penguasaan materi.
b. Menekankan pada penguasaan kompetensi, dan penerapannya dalam berbagai konteks kehidupan.
c. Ujian Nasional dilakukan secara daring, luring, dan blended sedangkan Asesmen Nasional dilakukan secara daring.
d. Mutu pendidikan diukur dari penilaian konten yang esensial pada mata pelajaran tertentu
e. Penentuan dan pemetaan kemampuan siswa untuk dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya.
20. Salah satu instrumen Asesmen Nasional adalah survei karakter. Dalam pelaksanaannya survei karakter memiliki tujuan utama yaitu …
a. Mengukur hasil belajar non kognitif menyangkut sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai Pancasila.
b. Mengukur hasil belajar secara kognitif melalui kompetensi dasar literasi membaca dan numerasi.
c. Mengukur kemampuan akademik siswa dilihat dari nilai akhir siswa sebagai penentu kualitas sekolah.
d. Mengukur kualitas pembelajaran dan iklim di sekolah yang menunjang pembelajaran siswa.
e. Menilai hasil belajar secara kognitif daam penguasaan kompetensi dalam pembelajarannya pada tiap jenjang.
21. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) mengamati perilaku peserta didik selama pembelajaran;
(2) mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan;
(3) menindaklanjuti hasil pengamatan; dan
(4) mendeskripsikan perilaku peserta didik
Pernyataan tersebut merupakan tahapan yang dilakukan dalam penilaian ....
a. hasil belajar oleh satuan pendidikan
b. aspek sikap
c. aspek pengetahuan
d. aspek keterampilan
e. proses dan hasil belajar oleh pendidik
22. Dalam Asesmen Nasional pemetaan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah dilakukan melalui…….
a. Asesmen Kompetensi Minimum
b. Asesmen Diagnostik
c. Survei Lingkungan Belajar
d. Survei Karakter
e. Survey Approach
23. Teknik penilaian dalam kurikulum 2013, banyak ragamnya. Dibawah ini termasuk teknik penilaian dengan tes, yaitu ....
a. Produk, portofolio, dan tertulis
b. Tertulis, lisan, dan praktek
c. Tertulis, penugasan, dan praktek
d. Project, lisan, dan jurnal
e. Portofolio, observasi, dan praktek
24. Asesmen di Indonesia diarahkan ke model asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Contextual Assessment yang mengacu pada kecakapan abad 21. Berikut secara berurutan merupakan kecakapan abad 21 yang dimaksud, yaitu:……
a. Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration
b. Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration
c. Critical Thinking, Communication, Creativity, dan Collaboration
d. Creativity, Critical Thinking, Collaboration, dan Communication
e. Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication
25. Rumusan indikator soal yang lengkap mencakup 4 komponen, yaitu: A = Audience, B = Behaviour, C= Condition, dan D = Degree. Berikut contoh rumusan indikator soal: “Ditampilkan ayat Q.S. Ali Imran [3]: 159, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut dengan benar dan berurutan”. Pada contoh tersebut yang termasuk komponen Condition adalah ....
a. peserta didik dapat
b. dengan benar dan berurutan
c. ditampilkan ayat Q.S. Ali Imran [3]: 159
d. menyimpulkan isi kandungan ayat
e. Menyimpulkan isi kandungan ayat dengan benar
More From Author
Pemetaan Kompetensi